PROFIL KB-TK BUDI UTAMA
KB-TK Budi Utama merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di wilayah Kecamatan Mlati, Sleman DIY, yang telah berdiri sejak tahun 2006. Dengan mengusung area berkonsep Go Green (berwawasan lingkungan) KB-TK Budi Utama ingin mengajak para peserta didik untuk lebih eco-friendly atau ramah lingkungan. Menjadi lebih sadar akan lingkungan sekitar dengan mengubah gaya hidup dengan mengurangi tingkat polusi dan sampah yang kita buang sejak dini.
Saat ini KB Budi Utama terakreditasi A yang menyelenggarakan pembelajaran untuk anak usia 2 tahun-4 tahun (Kelompok Bermain) dan anak usia 4 tahun-6 tahun (Taman Kanak-Kanak). Jumlah siswa dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dipercayainya KB-TK Budi Utama oleh masyarakat dalam mengelola pendidikan untuk anak usia dini. Dengan keyakinan bahwa pendidikan karakter menjadi pilar utama bagi generasi bangsa ini, maka KB-TK Budi Utama melalui proses pembelajarannya ingin membentuk anak-anak yang memiliki karakter santun, tekun, jujur, dan disiplin. Tidak hanya itu, anak-anak diajak untuk mengembangkan kreativitasnya, daya imajinatifnya, kemampuan berpikir logika serta rasa percaya diri, agar kelak mereka memiliki kemampuan sosial yang baik. Lebih dari itu kemampuan berbahasa dan bidang teknologi diasah secara maksimal melalui pembelajaran bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin serta pembelajaran komputer.
KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN BUDI UTAMA
Kurikulum KB-TK Budi Utama mengacu pada kurikulum Nasional khas Budi Utama berupa:
PRESTASI KB-TK BUDI UTAMA
PROFIL SD BUDI UTAMA
SD Budi Utama merupakan salah satu sekolah swasta nasional yang berada di Kabupaten Sleman Daerah istimewa Yogyakarta. Sebagai sebuah sekolah nasional, tentu saja para peserta didik didalamnya berasal dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda baik dari agama, suku, dan budayanya. Memiliki keragaman peserta didik dan pendidik merupakan kekayaan dari SD Budi Utama yang mengedepankan nilai humanis, toleransi, dan harmoni.
Dengan motto “Karakter Kuat Prestasi Hebat”, SD Budi Utama menempatkan karakter sebagai pilar utama sesuai dengan visi dan misi sekolah. Pembentukan karakter ini untuk mendukung profil siswa dan siswi Budi Utama yang memiliki karakter santun, tekun, jujur, disiplin, dan peduli sesama dan lingkungan.
KURIKULUM SD BUDI UTAMA
SD Budi Utama menerapkan kurikulum nasional sebagai kurikulum sekolah dengan pengembangan kurikulum pada penguatan literasi dan numerasi juga keterampilan berbahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin serta keterampilan menggunakan teknologi informasi.
Untuk mendukung pendidikan yang berwawasan global, maka SD Budi Utama telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi di luar negeri terlebih untuk pengembangan bahasa Inggris dan Mandarin. SD Budi Utama menjalin kerjasama dengan Cambridge University Press dimana secara resmi menjadi Cambridge Educational Partner. Oleh karena itu mulai tahun pelajaran 2024/2025 SD Budi Utama menerapkan Kurikulum Cambridge untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Math dan Science. Dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, SD Budi Utama menjalin kerjasama dengan Bina Nusantara (BINUS) Jakarta khususnya dalam pengembangan kurikulum serta pelatihan pendidik TI sehingga memiliki standar yang tepat dan berorientasi global. Pembelajaran TI dimasukan dalam jadwal pembelajaran mingguan mulai dari penggunaan aplikasi perkantoran hingga aplikasi desain dan coding atau pengkodean dengan bahasa pemograman yang disesuaikan usia siswa.
Selain itu juga penggunakan pembelajaran berbasis proyek atau project-based learning (PBL) menjadi bagian metode pembelajaran untuk menguatkan keterampilan-keterampilan siswa yang disiapkan untuk menuju peradaban abad 21 dengan isu global berupa revolusi industri 4.0 juga sosial 5.0.
EKSTRAKURIKULER
SD Budi Utama memiliki banyak kegiatan ktrakurikuler yang bisa diikuti oleh para murid sehingga mereka dapat mengembangkan bakat mereka, yaitu:
PENGEMBANGAN KARAKTER
Sesuai dengan visi dan misi sekolah dimana karakter menjadi hal utama dalam tumbuh kembangnya peserta didik, maka SD Budi Utama mengedepankan program pengembangan karakter melalui berbagai aktivitas seperti ekstrakurikuler, camp penguatan karakter, kerohanian, minitrip, fieldtrip, edutrip, kemah serta bimbingan konseling.
PRESTASI SD BUDI UTAMA
SD Budi Utama pernah mendapatkan beberapa penghargaan dan kejuaraan di antaranya:
PROFIL SMP BUDI UTAMA
SMP Budi Utama merupakan sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sekolah Budi Utama yang didirikan pada tanggal 2 Mei 2012. Secara geografis SMP Budi Utama terletak di Desa Kutu Dukuh, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman yang cukup strategis dengan akses jalan yang mudah dijangkau oleh masyarakat di sekitarnya baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor: 1589/BAN-SM/SK/2022, tanggal 3 November tahun 2022 menyatakan bahwa SMP Budi Utama terakreditasi A (UNGGUL) dengan nilai 98. Adapun tujuan pendidikan Sekolah Budi Utama secara umum adalah mengembangkan potensi peserta didik secara optimal agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai keutamaan budi, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi pribadi yang kompetitif dalam persaingan global melalui penguasaan tiga bahasa dan kewirausahaan, dengan tetap menjadi pribadi yang peduli lingkungan, demokratis, nasionalis, tetap teguh dalam prinsip moral dan kemanusiaan.
Keunggulan SMP Budi Utama adalah mempersiapkan generasi masa depan yang mampu bersaing di era global. Melalui dukungan kurikulum teknologi informasi dari Universitas Bina Nusantara (Binus), Literasi, dan Personal Interest Project (PIP) SMP Budi Utama tidak hanya memberikan pelajaran melalui teori, tetapi juga dengan pengalaman-pengalaman belajar untuk mewujudkan proyek-proyek yang terintegrasi. Selain itu, SMP Budi Utama memberikan pembelajaran lebih dalam bahasa asing, yaitu: Bahasa Inggris dan Bahasa Chinese dengan assessment belajar mengacu pada The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) sebagai standar internasional Bahasa Inggris, SMP Budi Utama juga menjalin kerjasama dengan Cambridge University Press dimana secara resmi menjadi Cambridge Educational Partner.dan The Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) sebagai standar internasional Bahasa Chinese.
KURIKULUM
Struktur kurikulum SMP Budi Utama terdiri dari satu Fase yaitu fase D. Saat ini SMP Budi Utama menggunakan fase D untuk kelas VII. Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran dimulai dengan pemetaan gaya belajar oleh guru BK dimana nanti hasil akan disampaikan kepada semua guru mata pelajaran.
Struktur / muatan kurikulum SMP Budi Utama terbagi menjadi:
Pembelajaran dirancang berdasarkan pada karakteristik dan kebutuhan peserta didik sehingga kelas akan menjadi sangat dinamis dan beragam.
a) Pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Chinese dirancang dengan model level dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
b) Pembelajaran dirancang dengan mengintegrasikan karakter kebudiutamaan dalam kegiatan pembelajaran setiap mata pelajaran sehingga proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistic.
c) Pembelajaran dalam setiap mata pelajaran dikembangkan dengan pendekatan scientific dengan penerapan beberapa model pembelajaran seperti Problem Based Learning maupun Project Based Learning.
d) Pembelajaran dirancang menjadi pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
e) Pembelajaran TIK adalah pembelajaran wajib di pembelajaran Intrakurikuler
f) Pada level kelas VII di lakukan pemetaan terkait gaya belajar siswa sehingga bisa digunakan sebagai masukan kepada guru terkait perencangan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik (deferensiasi belajar)
g) Pembelajaran Intrakurikuler dilaksanakan penuh pada minggu 1-6 kemudian dilanjutkan kembali pada minggu ke 1-8, 13-21, 26-33 dan 38-39.
Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial atau terpisah-pisah. Keenam dimensi tersebut adalah: a) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; b) Berkebinekaan global; c) Bergotong royong; d) Mandiri; e) Bernalar kritis; f) Kreatif.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.
Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan, bertujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan.
Ekstrakulikuler Wajib: Pramuka
Ekstrakulikuler - Pengembangan Diri (memilih salah satu dengan seleksi): KIR Budi Utama, Budi Utama English Debat Club, Budi Utama Jurnalistic Club, Budi Utama Olimpiade Club
Ekstrakulikuler Pilihan: Basket, Cooking Class, Robotic, Modern Dance, Chinesse Drum, Fotografi
DAFTAR PRESTASI SMP BUDI UTAMA
PROFIL SMA BUDI UTAMA
SMA Budi Utama adalah sekolah nasional yang berdiri pada tahun 2015. Sekolah ini berlokasi di lingkungan yang mendukung proses belajar mengajar dengan fasilitas modern dan tenaga pengajar yang profesional. SMA Budi Utama memiliki staff pengajar yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Para guru tidak hanya menguasai materi ajar tetapi juga dilatih untuk menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan interaktif.
SMA Budi Utama memiliki kekhasan dalam pembentukan karakter siswa melalui konsep “kebudiutamaan” yang mengasah 5 karakter dasar, yaitu: santun, tekun, jujur, disiplin dan peduli sesama. Karakter ini terintegrasi dalam pembiasaan sehari-hari dan diwadahi dalam kegiatan seperti “Emphaty Project“ dan “Live-In Entrepreneurship”.
SMA Budi Utama memberikan penekanan khusus pada penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Chinese sehingga kelas bahasa ini akan mendapatkan alokasi waktu yang cukup banyak. Program Bahasa yang komprehensif dirancang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam kedua bahasa ini, yang sangat penting dalam era globlalisasi. Oleh karena itu, assessment belajar pun mengacu pada standar internasional seperti The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), serta SMA Budi Utama juga menjalin kerjasama dengan Cambridge University Press dimana secara resmi menjadi Cambridge Educational Partner dan The Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Pembelajaran Bahasa asing di SMA Budi Utama ini pun didesain berdasarkan level awal kemampuan berbahasa siswa, maka dari itu akan selalu ada placement test di awal sehingga siswa akan belajar di kelas yang sesuai dengan kemampuannya dan nantinya akan dievaluasi di setiap semesternya.
KURIKULUM
Untuk menghadapi perkembangan teknologi yang pesat, SMA Budi Utama bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta dalam merancang kurikulum pembelajaran informatika. Kurikulum ini mencakup pembelajaran informatika kreatif, yang tidak hanya meliputi informatika pemrograman tetapi juga desain. Kurikulum ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan teknologi informasi yang relevan dan up to date, sehingga siswa siap untuk berbagai peluang di masa depan.
Selain itu, SMA Budi Utama menerapkan pembelajaran berbasis projek yang menyasar pengembangan 5C, yaitu Character, Creativity, Collaboration, Critical Thingking, dan Communicative. Program ini diwadahi dalam Students Innovative Project (SIP) yang mengajak siswa untuk terlibat dalam proyek-proyek nyata yang bermanfaat.
Sementara itu, kegiatan ektrakurikuler di SMA Budi Utama bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler meliputi:
Selain kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMA Budi Utama juga bisa mengikuti kegiatan club yang disediakan yaitu:
KEUNGGULAN
Sejak berdirinya pada tahun 2015, SMA Budi Utama telah mencapai berbagai prestasi baik di Tingkat nasional maupun internasional. Siswa-siswi SMA Budi Utama telah meraih penghargaan di berbagai kompetisi penelitian, IT, olimpiade, olahraga, seni serta lomba-lomba Bahasa Inggris dan Bahasa Chinese.
SMA Budi Utama menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan dan organisasi baik di dalam maupun luar negeri. Melalui kemitraan ini, kami berupaya untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan dan membuka kesempatan lebih luas bagi siswa.
Selain Pendidikan formal, SMA Budi Utama juga fokus pada pengembangan diri dan persiapan karier siswa. Program bimbingan konseling yang kami miliki bertujuan untuk membantu siswa mengenali potensi diri, minat, dan bakat mereka. Sekolah juga menyediakan layanan bimbingan karier dan pelatihan soft skills yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
SMA Budi Utama mengedepankan pembentukan komunitas sekolah yang harmonis dan inklusif. Sekolah mendorong partisipasi aktif dari siswa, orang tua, dan seluruh warga sekolah dalam berbagai kegiatan sekolah. Sekolah juga mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua untuk membahas perkembangan siswa dan mendapatkan masukan perbaikan sekolah.
SMA Budi Utama berkomitmen untuk terus menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang cerdas, berkarakter dan siap menghadapi masa depan. Kami percaya bahwa dengan pembentukan karakter yang kuat, penguasaan Bahasa dan ketrampilan teknologi, siswa SMA Budi Utama akan mampu beradaptasi dan berprestasi di dunia yang terus berubah.
SD Budi Utama menyelengarakan perlombaan pada event Gelar Kreasi Anak Jogja (GKAJ) tahun 2021 ini. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak pada usia KB dan TK atau 4-7 tahun. Event ini terselenggara kem...
Celebrating Earth day in April students of grade 2, 3 ,4 & 5 collaborate in making packets of green product. Grade 2 will make an animal collage, grade 3 will make a toy robot, grade 4 will make a sho...
Selamat Kepada Ameera Nadia Calista, Pemenang Duta Pertunjukkan Seni Remaja 2022 & Puteri Kesenian Remaja Best Performance 2022
Fabio Jordan Lie Primary 4 3rd Place Rookie Intermediate Event : Internal Competition Basketball DBL Academy Jogja 2021 When : 25-27 Feb 2021 Peserta kegitaan ini sekitar 40an dari beberapa negar...
Ameera Nadia Calista yang biasa dipanggil Caca adalah siswi kelas 4 SD Budi Utama yang merupakan anak dari Bp Budi Purnomo dan Ibu Ayu Vanina Arbi. Ia sangat senang terhadap berbagai kegiatan seni dan...