“Belajar dari Singapura untuk Membangun Indonesia”  Inilah tema yang diangkat dalam studytour yang dilaksanakan SMP Budi Utama 2023.  Tema ini diharapkan mampu mengawali para siswa untuk membawa pengetahuan dari Singapura untuk dikembangkan di Indonesia, sehingga di masa-masa ke depan Indonesia memiliki generasi penerus yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk membangun Indonesia yang lebih berkualitas.

 Para siswa juga dapat belajar melihat Singapura yang beragam namun memiliki semangat sebagai satu Singapura, dan tentu siswa dapat melihat Indonesia yang sangat kaya memiliki potensi untuk lebih maju dari Singapura.

 Kegiatan studytour ini mulai pada Rabu, 17 Mei -Sabtu, 20 Mei 2023. Yang diikuti oleh 71 Siswa Kelas VIII dan 5 Guru Pendamping; Ibu Christina, Mr. Fendy, Mr. Fajar, Yeni Ls dan Mr. Nino. Adapun Kegiatan Study Tour merupakan kegiatan pengayaan yang memiliki tujuan umum yang jelas serta didasarkan oleh Visi dan Misi SMP Budi Utama yaitu Melaksanakan Visi sekolah untuk memahami masyarakat global serta penguasaan 3 bahasa yakni: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, & Bahasa Mandarin. Adapun tujuan khususnya adalah memberikan stimulasi awal kepada para siswa untuk memahami sebuah negara maju. Memberikan pemahaman taktis & strategis dalam pengelolaan sebuah sistem kehidupan bermasyarakat. Mengoptimalkan ketrampilan siswa dalam mengamati, menulis dan mempresentasikan hasil temuan mereka dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Mandarin. Selain itu, penerapan secara nyata pendidikan karakter yang telah dipelajari di sekolah.

 Obyek yang menjadi tujuan study tour adalah sebagai berikut; Ura City Gallery, Newater, NUS Demo Lab, Garden By The Bay, Universal Studio, Orchad Road Shopping, China Town, Changi Jewel, Bugis Shopping, Suntec City.

 Kegiatan studytour merupakan kegiatan yang syarat dengan pembelajaran yang multidisiplin, artinya pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu mata pelajaran. Siswa diminta untuk membuat tulisan ilmiah yang disesuaikan dengan judul yang kelompok pilih sendiri dari tema yang ditentukan oleh sekolah. Sebagai tulisan ilmiah, maka tulisan tersebut perlu menggunakan data-data yang dapat dipertanggungjawabkan di antaranya wawancara dengan penduduk lokal, foto dan atau video, tulisan-tulisan dari media lokal, referensi dari pemandu, dan lainnya. Semua data ini wajib untuk disimpan dalam bentuk softcopy dan juga hardcopy.

Setibanya di Yogyakarta, tulisan lengkap dengan data-data dikumpulkan dalam bentuk softcopy dan hardcopy dan dilengkapi dengan powerpoint untuk presentasi dalam bahasa Inggris dan Mandarin yang akan dilaksanakan pada waktu Penerimaan rapor kenaikkan kelas. Lama presentasi dan tanya jawab ±10 menit.

             Semoga studytour kali ini mendatangkan lebih banyak manfaat untuk para siswa, SMP Budi Utama. SMP Budi Utama…Go go Emigo Jiyaou.  (Fajar Nugroho)