Profile

PROFIL KELOMPOK BERMAIN BUDI UTAMA

KB Budi Utama merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di wilayah Kecamatan Mlati, Sleman DIY, yang telah berdiri sejak tahun 2006. Dengan mengusung area berkonsep Go Green (berwawasan lingkungan) KB Budi Utama ingin mengajak para peserta didik menyadari bahwa lingkungan adalah salah satu bagian yang teramat penting bagi kehidupan manusia.

Saat ini KB Budi Utama terakreditasi A yang menyelenggarakan pembelajaran untuk anak usia 2 sampai 4 tahun. Jumlah siswa dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dipercayainya KB Budi Utama oleh masyarakat dalam mengelola pendidikan untuk anak usia dini. Dengan keyakinan bahwa pendidikan karakter menjadi pilar utama bagi generasi bangsa ini, maka KB Budi Utama melalui proses pembelajarannya ingin membentuk anak-anak yang memiliki karakter santun, tekun, jujur, dan disiplin. Tidak hanya itu, dengan model pembelajaran sentra, anak-anak diajak untuk mengembangkan kreativitasnya, daya imajinatifnya, kemampuan berpikir logika serta rasa percaya diri, agar kelak mereka memiliki kemampuan sosial yang baik. Lebih dari itu kemampuan berbahasa dan dalam bidang teknologi diasah secara maksimal melalui pembelajaran bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan Mandarin serta pelajaran komputer.

 

KURIKULUM

Kurikulum KB Budi Utama mengacu pada kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013 PAUD yang dilengkapi dengan pendidikan khas Budi Utama berupa pendidikan karakter sejak dini, dan pengembangan kemampuan berbahasa Mandarin serta bahasa Inggris.

- Model pembelajaran berbasis sentra

   a. Pra – Yueliang dan Yueliang : sentra balok, sentra seni & kreativitas

   b. Taiyang : sentra bahan alam, sentra balok, sentra persiapan

- Perkembangan moral dan agama (sesuai dengan keyakinan yang dianut setiap anak)

- Perkembangan kognitif

- Perkembangan sosial dan emosional

- Perkembangan fisik dan motorik

- Perkembangan bahasa (bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin)

- Perkembangan seni dan kreativitas

- Kegiatan lainnya : komputer, literasi, perpustakaan, senam, berenang, memasak, kegiatan luar sekolah (minitrip, fieldtrip)

 

PROFIL TAMAN KANAK-KANAK BUDI UTAMA

TK Budi Utama merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di wilayah Kecamatan Mlati, Sleman DIY, yang telah berdiri sejak tahun 2006. Dengan mengusung area berkonsep Go Green (berwawasan lingkungan) TK Budi Utama ingin mengajak para peserta didik menyadari bahwa lingkungan adalah salah satu bagian yang teramat penting bagi kehidupan manusia.

Saat ini TK Budi Utama terakreditasi A yang menyelenggarakan pembelajaran untuk anak usia 4 sampai 6 tahun. Jumlah siswa dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dipercayainya TK Budi Utama oleh masyarakat dalam mengelola pendidikan untuk anak usia dini. Dengan keyakinan bahwa pendidikan karakter menjadi pilar utama bagi generasi bangsa ini, maka TK Budi Utama melalui proses pembelajarannya ingin membentuk anak-anak yang memiliki karakter santun, tekun, jujur, dan disiplin. Tidak hanya itu, dengan model pembelajaran sentra, anak-anak diajak untuk mengembangkan kreativitasnya, daya imajinatifnya, kemampuan berpikir logika serta rasa percaya diri, agar kelak mereka memiliki kemampuan sosial yang baik. Lebih dari itu kemampuan berbahasa dan dalam bidang teknologi diasah secara maksimal melalui pembelajaran bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan Mandarin serta pelajaran komputer.

 

KURIKULUM

Kurikulum TK Budi Utama mengacu pada kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013 PAUD yang dilengkapi dengan pendidikan khas Budi Utama berupa pendidikan karakter sejak dini, dan pengembangan kemampuan berbahasa Mandarin serta Bahasa Inggris.

- Model pembelajaran berbasis sentra: 

  1. Sentra bahan alam

  2. Sentra balok

  3. Sentra seni & kreativitas

  4. Sentra main peran

  5. Sentra persiapan

  6. Sentra bahasa Mandarin & budaya Tionghoa

- Perkembangan moral dan agama (sesuai dengan keyakinan yang dianut setiap anak)

- Perkembangan kognitif

- Perkembangan sosial dan emosional

- Perkembangan fisik dan motorik

- Perkembangan bahasa (bahasa Inggris dan Mandarin)

- Perkembangan seni dan kreativitas

- Kegiatan lainnya : komputer, literasi, perpustakaan, senam, berenang, memasak, kegiatan luar sekolah (minitrip, fieldtrip)

Sesuai nama sekolah, Budi Utama, maka SD Budi Utama meletakan budi pekerti sebagai target utama pendidikan. Budi pekerti atau karakter unggul yang menjadi utama di SD Budi Utama adalah nilai kejujuran, ketekunan, kedisiplinan dan kesantunan. Karakter unggul ini menjadi bagian dalam setiap kegiatan pendidikan di SD Budi Utama sehingga diharapkan para siswa SD Budi Utama dapat menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter kebudiutamaan.

Kurikulum SD Budi Utama

SD Budi Utama sebagai sekolah nasional tentu menerapkan kurikulum nasional sebagai backbone kurikulum sekolah dan tentu dengan pengembangan kurikulum yang menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan SD Budi Utama. Pengembangan kurikulum di SD Budi Utama menerapkan beberapa penguatan pembelajaran seperti penguatan literasi dan numerasi juga ketrampilan berbahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin serta ketrampilan menggunakan teknologi informasi. Semua penguatan ini didasarkan pada visi sekolah Budi Utama.

Penguatan dalam  literasi dan numerasi diberikan melalui penambahan jam mengajar dan pertajaman target pembelajaran membaca, menulis dan berhitung. Selain itu juga penggunakan pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PBL) menjadi bagian metode pembelajaran untuk menguatkan ketrampilan-ketrampilan siswa yang disiapkan untuk menuju peradaban abad 21 dengan isu global berupa revolusi industri 4.0 juga sosial 5.0. PBL dapat memantik ketrampilan siswa dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan berdaya kreatif. Kegiatan PBL ini merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran tematik yang dituangkan dalam kurikulum 2013.

Pengembangan ketrampilan berbahasa khususnya bahasa Inggris dan Mandarin dilakukan SD Budi Utama dengan menghadirkan pendidik-pendidik yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Sejak siswa kelas 1 telah diberikan penguatan bahasa ini, dengan sistem pembelajaran aktif yang mengutamakan aspek bicara dan mendengarkan agar siswa menjadi lebih percaya diri berbahasa asing. Penggunaan buku teks yang memiliki standar Internasional menjadi unggulan kurikulum pembelajaran bahasa asing di SD Budi Utama.

Pengembangan ketrampilan penggunakan teknologi informasi (TI) dikuatkan dengan bekerjasama Universitas Bina Nusantara khususnya dalam pengembangan kurikulum serta pelatihan pendidik TI sehingga memiliki standar yang tepat dan berorientasi global. Pembelajaran TI dimasukan dalam jadwal pembelajaran mingguan dengan fasilitas satu personal computer (pc) per siswa. Siswa belajar mulai dari penggunaan aplikasi perkantoran hingga aplikasi desain dan coding atau pengkodean dengan bahasa pemograman yang disesuaikan usia siswa.

Selain pengembangan di atas, SD Budi Utama juga mengembangkan bakat dan minat siswa lainnya melalui kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler seperti pengembangan matematika, IPA, musik, Gamelan, Tari Kreasi, Menggambar, Robotik, Wushu, Bola Basket, Futsal dan lainnya.

Prestasi siswa SD Budi Utama

SD Budi Utama pernah mendapatkan beberapa penghargaan dan kejuaraan di antaranya:

1. Juara III OSN Matematika tingkat Nasional 2018
2. Medali Perak KMNR tingkat Nasional 2018
3. Juara I, II dan III untuk semua level dalam Festival Bahasa Mandarin tingkat Provinsi DIY 2018
4. Juara I, II dan III HUT Sekolah Tunas Harum Bangsa tingkat Jateng-DIY 2018
5. Juara I Basket Putra dan Putri ABS Cup DIY 2019
6. Juara I Basket Putra dan Putri Piala Raja DIY 2019

 

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Budi Utama bertempat di kampus III, kampus berlantai 3 yang didesain untuk kemudahan dalam pengawasan dan penciptaan ruang-ruang kolektif yang hangat dan ramah. Kampus yang memungkinkan tiap individu di dalamnya saling mengenal dan akrab satu sama lain, demi mewujudkan pribadi-pribadi berkarakter kuat yang menjunjung nilai-nilai toleransi, harmoni dan humanisme.

KURIKULUM

Pengembangan kurikulum nasional (kurikulum 2013) didasarkan pada kebutuhan pembelajaran abad 21, menyiapkan generasi-generasi yang kreatif, kristis, mampu berkomunikasi dengan santun dan mampu memanfaatkan networking serta memaksimalkan kolaborasi untuk mencapai suatu tujuan. Dengan dukungan kurikulum teknologi  informasi dari Universitas Bina Nusantara (Binus), profil kurikulum SMP Budi Utama benar-benar mempersiapkan generasi masa depan yang mampu bersaing di era global.

School based research juga menjadi landasan dalam proses belajar, diperkuat dengan literasi dan pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna untuk mewujudkan proyek-proyek belajar yang terintegrasi dalam Integrated Learning Project (ILP).

ILP sendiri merupakan suatu langkah sekolah dalam mengembangkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics) secara lebih luas lagi, proyek-proyek siswa akan bermuara pada dua cabang pilihan minat, yaitu; kewirausahaan dan penelitian.  Dalam membuat proyek-proyek kewirausahaan di tingkat SMP, salah satu metode yang digunakan adalah; Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM), dimana siswa diajak untuk mempelajari dan meniru sebuah ide yang telah ada, untuk kemudian dimodifikasi menjadi sesuatu yang baru dan berbeda, dengan tetap memperhatikan etika yang menjauhkan siswa dari plagiarism.

Sebagai sekolah dibawah perkumpulan sekolah tiga bahasa (Perstibi), selain pembelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa asing seperti; Inggris dan Mandarin mendapatkan alokasi waktu yang cukup banyak dalam struktur kurikulum. Assesmen belajar pun mengacu pada standar internasional Bahasa Inggris mengacu pada The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) sedangkan Bahasa Mandarin mengacu pada The Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Pembelajaran Bahasa asing pun secara klasikal di desain berdasarkan level awal kemampuan berbahasa siswa, sehingga selalu ada placement test di awal, sehingga siswa akan belajar di kelas yang menyesuaikan dengan level awalnya dan akan dievaluasi di tiap semesternya.

Program-program Sekolah

Program-program  pendukung seperti fieldtrip, live in, study tour dan lain-lain yang diharapkan akan membentuk individi yang tangguh namun selalu santun dan penuh kasih terhadap sesama dan lingkungannya.

Program-program tersebut juga di desain dengan tujuan-tujuan dibawah ini :

1. Menyiapkan siswa untuk mampu adaptif menghadapi dunia yang berkembang dan berubah dengan sangat cepat.

2. Membentuk profil siswa yang santun, tekun, jujur dan disiplin.

3. Menciptakan atmosfir sekolah yang multikultur

4. Membentuk pribadi yang mampu berfikir global namun tetap mau bertindak lokal demi kejayaan bangsa dan negaranya.

Sekolah Menengah Atas (SMA) Budi Utama bertempat di kampus III, kampus berlantai 3 yang didesain untuk kemudahan dalam pengawasan dan penciptaan ruang-ruang kolektif yang hangat dan ramah. Kampus yang memungkinkan tiap individu di dalamnya saling mengenal dan akrab satu sama lain, demi mewujudkan pribadi-pribadi berkarakter kuat yang menjunjung nilai-nilai toleransi, harmoni dan humanisme.

KURIKULUM

Pengembangan kurikulum nasional (kurikulum 2013) didasarkan pada kebutuhan pembelajaran abad 21, menyiapkan generasi-generasi yang kreatif, kritis, mampu berkomunikasi dengan santun dan mampu memanfaatkan networking serta memaksimalkan kolaborasi untuk mencapai suatu tujuan. Dengan dukungan kurikulum teknologi  informasi dari Universitas Binus, profil kurikulum SMA Budi Utama benar-benar mempersiapkan generasi masa depan yang mampu bersaing di era global.

School based research juga menjadi landasan dalam proses belajar, diperkuat dengan literasi dan publikasi ilmiah yang menantang siswa untuk berpikir kritis dan ilmiah untuk mewujudkan proyek-proyek belajar yang terintegrasi dalam Integrated Learning Project (ILP).

ILP sendiri merupakan suatu langkah sekolah dalam mengembangkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics) secara lebih luas lagi, proyek-proyek siswa akan bermuara pada dua cabang pilihan minat, yaitu; kewirausahaan dan penelitian.

Sebagai sekolah dibawah perkumpulan sekolah tiga bahasa (Perstibi), selain pembelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa asing seperti; Inggris dan Mandarin mendapatkan alokasi waktu yang cukup banyak dalam struktur kurikulum. Assesmen belajar pun mengacu pada standar internasional Bahasa Inggris mengacu pada The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) sedangkan Bahasa Mandarin mengacu pada The Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Pembelajaran Bahasa asing pun secara klasikal di desain berdasarkan level awal kemampuan berbahasa siswa, sehingga selalu ada placement test di awal, sehingga siswa akan belajar di kelas yang menyesuaikan dengan level awalnya dan akan dievaluasi di tiap semesternya.

Berita dan Kegiatan

“Fun Earth Day”
Tue, 09 June 2020

Dalam rangka memperingati hari Bumi, KB-TK Budi Utama mengadakan acara “Fun Earth Day” yang diadakan pada tanggal 6-7 April 2021 bertempat di hall KB TK Budi Utama. Kegiatan ini ditujukan untuk anak u...

Kids Photo Contest
Tue, 09 June 2020

Tidak terasa masa pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 1 tahun dan hingga saat ini belum reda. Tetapi masyarakat sendiri sudah mulai dapat mengatasinya dengan mengikuti protokol kesehatan yang di...

Kids Photo Contest (Chinese New Year In The New No...
Tue, 09 June 2020

KB-TK Budi Utama mengajakmu berkompetisi dalam: "Kids Photo Contest (Chinese New Year In The New Normal 2021)" (terbuka untuk UMUM). Yuk minta tolong Papa-Mama untuk foto dirimu dan mendaftar di kompe...

Fasilitas

Prestasi

(TK B1) Abimanyu Wardhana.
Tue, 09 June 2020

(TK B1) Abimanyu Wardhana.

(TK A2) Greena Juara 1 Lomba Menyanyi Open House S...
Tue, 09 June 2020

(TK A2) Greena Juara 1 Lomba Menyanyi Open House SD Taruna Bangsa

Indonesia Music Celebration 2020 by Veranza Music...
Tue, 09 June 2020

Indonesia Music Celebration 2020 by Veranza Music House (14 Maret 2020).